7+1 TIPS MEMILIH HUNIAN NYAMAN

kawasan rumah hunian nyaman
hunian nyaman ideal bagi orang berkantong tebal

Sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah dan tinggal serta menetap dalam sebuah kawasan hunian, maka anda perlu memperhatikan dan melihat tata ruang sebuah kawasan, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam zonasi sebuah kawasan jarang diperhatikan baik bagi para pengembang property besar, apalagi para pengembang skala kecil, untuk itu berikut catatan yang harus dperhatikan karena untuk men-cipta kawasan rumah hunian nyaman tidak terlepas dari :

1. Bangunan Gedung

Keteraturan bangunan gedung dalam hal dimensi, orientasi, dan bentuk; serta kepadatan bahkan tidak sesuai dengan ketentuan dalam rencana tata ruang; serta ketidaksesuaian dengan persyaratan teknis sistem struktur, pengamanan petir, penghawaan, pencahayaan, sanitasi, dan bahan bangunan, menjadi acuan anda tinggal dalam sebuah kawasan.

2. Perhatikan Jalan Lingkungan

Kondisi permukaan jalan lingkungan kawasan hunian apakah kendaraan dapat masuk dengan aman  nyaman; apakah lebar jalan juga memadai untuk dilewati; bagaimana dengan kelengkapan jalan yang ada apakah dibangun secara universal for all (bisa akses untuk difable)

3. Air Minum

Ketidaktersediaan akses air minum dan kulitas air minum yang sesuai standart kesehatan menjadi bagian penting dari kenyamanan anda tinggal di dalam kawasan

4. Drainase Lingkungan

Perhatikan juga zone topografi , serta contur kawasan anda tinggal, ketidakmampuan saluran air untuk melimpaskan air hujan dapat berakibat buruk pada kawasan, genangan air yang cukup lama dan menimbulkan bau, saluran tidak terhubung dengan sistem ‘main’ drainase perkotaan akan berakibat buruk pada kawasan anda.

5.Pengelolaan Air Limbah

Bagaimana dengan buangan limbah cair rumah tangga, apakah pengembang menyediakan sistem pengelolaan air limbah yang memadahi, ketidaktersediaan kualitas buangan air limbah dan tidak sesuai standar yang berlaku akan berakibat fatal pada pencemaran lingkungan disekitar anda.

6.Pengelolaan Persampahan

Adakah komunitas pengiat cinta lingkungan ada di sekitar kawasan?, kalau ini ada dan menjadi konsen perhatian mereka dalam kawasan, di jamin anda tinggal dilingkungan yang nyaman. Ketidaktersediaan sistem pengelolaan persampahan , baik sarana maupun prasarananya berakibat pada tercemarnya lingkungan sekitar kawasan anda tinggal, jika belum ada maka kesempatan baik bagi anda untuk berbagi dengan lingkungan demi kenyamanan anda tinggal bersama komunitas anda.

7.Pengamanan Kebakaran

Kita tidak berharap datang nya bencana, namun resiko itu tetap ada, maka sistem pengamanan secara aktif dan pasif harus tersedia dalam kawasan anada tinggal, tersedianya pasokan air untuk pemadaman yang memadai dan tersedianya akses jalan yang memadahi untuk mobil pemadam kebakaran menjadi penting anda pertimbangkan.

Ruang Terbuka Publik

keluarga bahagia

Udara segar dapat diposok dari lingkungan anda tinggal, kontribusi oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan menjadi kebutuhan anda , ruang terbuka hijau (RTH) harus ada 30% dari kawasan anda tinggal, kebutuhan sosial untuk saling bercekraman butuh juga ruang publik hal ini penting untuk tumbuh kembang keluarga dan komunitas anda.

Cipta kawasan hunian nyaman
Hunian Nyaman Nan Asri

Cipta kawasan hunian nyaman menjadi idaman bagi kita semua, penataan kawasan dalam program kota tanpa kumuh (KOTAKU) menjadi konsen bagi semua pihak, kita tidak dapat membangun kawasan ideal tanpa kerja sama dari semua pihak, baik anda sebagai pribadi, pemerintah dan pihak pihak peduli yang konsen pada kesejahteraan sosial.

2 Replies to “7+1 TIPS MEMILIH HUNIAN NYAMAN”

    1. benar bro …biarkan saja mereka akan belajar sendiri tentang apa yang mereka tahu tentang itu, sedikit memberi info ke publik agar mereka sadar bahwa yang ideal tidak harus rumah kawasan elit, masyarakat awam bisa saja menciptakan kawasan hunian nyaman, asal memahami program ini.

Leave a Reply