VEDIO KOMUNITAS

Video komunitas merupakan sebuah bentuk media yang pengerjaannya dilakukan oleh warga masyarakat itu sendiri. Media ini digunakan untuk menggali permasalahan, potensi maupun daya dukung lainnya.Media ini diharapkan bisa menjadi alternatif untuk menumbuhkan kesadaran kritis terhadap kondisi yang dihadapi masyarakat saat ini, sekaligus menjadi bahan informasi pelaksanaan penangan kawasan kumuh yang telah dilakukan.

Pada proses pelaksanaannya, media video komunitas ini sama dengan proses pelaksanaan media-media lainnya yang berlandaskan partisipatif setiap unsur. Oleh sebab itu warga komunitas bukan objek dari media tersebut akan tetapi menjadi subjek pelaku dari mulai proses pembuatannya sampai pada proses evaluasi.

Bentuk-bentuk gambar yang bisa diambil atau pengisi video komunitas adalah masalah-masalah riil yang sedang dihadapi masyarakat, informasi pelaksanaan penanggulangan kumuh yang sedang dilakukan, atau informasi pengembangan yang lainnya. Yang paling dasar adalah materi yang tertuang dalam video haruslah mampu menumbuhkan dialog untuk proses kesadaran kritis masyarakat.

Langkah-langkah Pembuatan Video Komunitas:

  • Pembentukan tim pelaksana pembuatan video komunitas.

  • Identifikasi masalah yang dilakukan bersama masyarakat.

  • Penentuan tema yang akan diangkat menjadi bahan video berdasarkan dari olahan hasil identifikasi sebelumnya.

  • Pembuatan atau penulisan skenario dan penentuan peran yang didasarkan pada skenario yang telah dibuat.

  • Pengambilan gambar sesuai dengan skenario yang telah dibuat. Apabila ada perubahan, perubahan tersebut harus disepakati bersama.

  • Langkah selanjutnya adalah proses penyuntingan (editing) dan pemberian judul.

  • Kemudian proses penggandaan untuk disebarkan kepada tiap kelompok masyarakat dan pihak lain sebagai media pembelajaran.

  • Sebagai media pembelajaran yang bisa dilaksanakan dalam proses diskusi pada pertemuan masyarakat, perlu dirumuskan catatan penting untuk ditindaklanjuti dan upaya bersama untuk menyebarkan media kepada khalayak yang lebih luas.

Dari pelaksanaannya vedio kumunitas akan menjadi lebih mengena ketika dalam kegiatannya diimplementasikan dalam skenario  proses FGD (Forum Group Discussion) , yang mendorong partisipasi warga lebih mengenal akan lingkungannya dalam men-cipta rumah tinggal yang nyaman